Rabu, 28 Maret 2012

Memulai Perjodohan Love Bird


Cara paling mudah dan cepat untuk menjodohkan lovebird adalah menjodohkan dari anakan/muda. Dengan Cara mengumbarkan beberapa ekor lovebird dalam satu kandang, rawatlah dengan baik, dan berikan makanan yang bergizi dan bersih.

Pada saat mencapai usia 9 bulan, perhatikan gerak-gerik burung lovebird yang diumbar tersebut. Satu hal yang pasti burung akan mulai birahi dan terlihat gerakan-gerakan seperti saling bercumbu dan lovebird jantan biasanya mulai belajar kawin dengan cara menaiki punggung pasangannya. Pantau dan amati pasangan tersebut. Jika kejadian tersebut berlanjut sanpai beberapa hari, segera pisahkan pasangan itu dari kelompoknya, dan tempatkan dalam satu kandang. Gunakan kandang battery yang mudah dipindahkan. Jemur dan mandikan di pagi hari ( sesuaikan dengan keadaan cuaca ). Berikan waktu untuk penyesuaian bagi pasangan lovebird tersebut. Waktu yang dibutuhkan biasanya adalah sekitar 3 minggu sampai 6 minggu untuk memastikan bahwa pasangan tersebut sudah jodoh dan siap untuk ditangkar.

PERHATIAN: Jangan masukkan kotak sarang ( Glodok ) terlalu dini ke dalam kandang penangkaran. Glodok yang terlalu cepat dimasukkan akan membuat pasangan itu sibuk dengan glodoknya, karena dianggap sebagai mainan. Akibatnya burung akan sibuk dengan kotak itu, sehingga dapat menghilangkan rasa birahi pasangan itu.

A. Siap Ditangkarkan
Usia yang terbaik untuk breeding/ternak Lovebird adalah yang berusia sekitar 1 tahun. Namun ada juga jika perawatan intensif usia 10 bulan sudah menunjukkan ciri-ciri mau bertelur pada si betina dan birahi mau kawin pada si jantan. Pasangan yang sudah dipisahkan, diamati gerak-geriknya. Kalau terlihat pasangan itu kawin dengan sempurna, dalam arti ritual kawin itu berjalan cukup lama, dan si jantan tidak jatuh dari punggung si betina, berarti pasangan tersebut sudah siap untuk melakukan reproduksi. Siapkan kandang penangkaran lengkap dengan kotak sarang didalamnya. Masukkan pasangan itu dan tunggulah pasangan itu sampai bertelur.

Pasangan lovebird yang sudah ada di kandang penangkaran, akan segera membuat sarang di kotak sarangnya. Usahakan didalam kotak tersebut sudah tersedia bahan serutan kayu setinggi 1 – 2 cm sebagai alas sarang. Lalu berikan kulit jagung muda atau potongan kayu yang diletakkan dalam kandang. Lovebird betina akan aktif sekali mengambil kulit jagung atau potongan kayu yang dirobek-robek dengan paruhnya lalu dibawa masuk ke dalam kotak sarangnya. Pejantan yang baik akan rajin menolong si betina. Disini dapat disimpulkan apakah nantinya si jantan akan bertindak sebagai bapak yang baik dan rajin meloloh pasangan dan anaknya.

B. Ritual Kawin.
Pasangan lovebird yang mau kawin sangatlah menarik untuk diperhatikan. Gaya dan gerak-gerik ritual kawin lovebird sangat mengagumkan. Cobalah perhatikan sendiri. Sesuai dengan namanya “LOVEBIRD”. Love = cinta adalah julukan yang menempel pada burung ini. Bayangkan apalagi ritual kawin mereka.

Pejantan akan memulai dengan gerakan yang memadukan gerakan tubuh dan kaki. Pejantan mencumbui si betina dengan menyuapinya. Terlihat seperti pasangan yang sedang berciuman. Semakin sering pejantan menyuapi, si betina segera akan mengembang-kan kedua sayapnya seolah-olah meyambut mempelai prianya. Lalu perkawinan pun segera berlangsung dalam durasi waktu yang cukup lama. Burung biasa, proses kawinnya akan sangat cepat. Tetapi pasangan lovebird sangat beda, mereka menikmati sekali hingga mencapai tahap orgasme baik jantan dan betinanya

2 komentar:

  1. jantan pakai irex pastinya wek wek wek, yang pasti thx infonya. Semoga sukses semua

    BalasHapus
  2. apakah sesama jenis bisa tetep akur dan tetep bercumbu .....mohon pencerahan ...trims

    BalasHapus

jangan lupa komen bos....

translate

followers

 

Blogger news

Blogroll

Wirausaha tanpa modal,malah dapat uang
Diberdayakan oleh Blogger.