Rabu, 28 Maret 2012

Penangkaran Love Bird


Hal yang harus dipersiapkan sebelum menangkarkan love bird adalah sebagai berikut :

A. Kandang Penangkaran.
Ukuran yang ideal adalah 50 x 50 x 50 cm, terbuat dari aluminium atau besi. Yang terpenting tidak mudah dirusak oleh lovebird. Ukuran lebih besar tentunya akan lebih baik. Burung lebih leluasa bergerak dan terbang. Namun adakalanya burung menjadi tidak fokus dan cenderung bermain. Maksimum untuk ukuran kandang penangkaran adalah 80 x 50 x 50 cm. Ukuran Kandang juga dapat disesuaikan dengan lahan tempat kita akan menangkarkan lovebird.

B. Kayu Tangkringan
Kayu tangkringan adalah bagian yang sering diabaikan oleh para peternak Lovebird. Kayu tangkringan yang tidak sesuai dan kurang baik, bisa mengakibatkan jantan tidak dapat membuahi dengan baik, karena betina kurang nyaman dengan tangkringannya.
Adakalanya kuku pada jari-jari kaki lovebird tidak lengkap, atau putus. Biasanya tidak akan tumbuh lagi, kekurangan ini haruslah dibantu dengan lekukan di kayu tangkringan agar tercengkeram dengan baik bagi si betina. Sebaliknya si jantan yang kukunya tidak sempurna, mengandalkan keseimbangan si betina tadi untuk proses perkawinan.
Kayu asem dengan diameter 2 – 2,5 cm adalah ukuran yang sangat ideal untuk Lovebird. Struktur kayu asem yang kasar dan tidak rata, justru membantu si betina untuk menggenggam lebih baik saat dikawini si jantan.

C. Perlengkapan tempat makan dan minum.
Tempat makan dan minum dapat diperoleh dengan mudah di pasar-pasar burung. Kebersihan tempat makan dan minum sangat penting bagi kesehatan lovebird. Ganti pakan dan bersihkan tempat minum setiap hari, dari lendir atau lumut yang menempel di tempat minum.

D. Kotak Sarang.
Sebuah kotak sarang harus memiliki beberapa syarat untuk berhasilnya penangkaran. Beberapa kondisi yang ideal untuk kotak sarang lovebird adalah:

1. Tidak terlalu kecil.
Idelanya kotak sarang berukuran 20 x 20 x 20 cm, ukuran boleh lebih
besar sedkiti, asal disesuaikan dengan ukuran kandang penangkaran.
2. Terdiri 2 tingkat.
Satu tingkat dengan sebuah lubang untuk keluar masuknya lovebird, dan
satu tingkat di bawah untuk sarang dan telur yang akan dierami lovebird.
3. Bersih dari zat kimia.
Jika kotak sarang terbuat dari triplek, sebaiknya direndam di air selama
lebih kurang 2 hari, dan dijemur hingga kering. Triplek mengandung zat
kimia yang bisa membuat telur terkontaminasi dan menjadi rusak. Selain itu
bau yang ditimbulkan juga dapat membuat Lovebird tidak kerasan berlama
lama didalam kotak sarang. Bila terbuat dari jenis papan, pastikan papan
tersebut bersih dan tidak mengandung zat berbahaya.
4. Ketebalan.
Tebal papan untuk kotak sarang sebaiknya berkisar antara 15 – 20 mm.
Papan yang tipis akan mudah dibolongi oleh lovebird,
5. Letak kotak sarang.
Dapat diletakkan di dalam kandang, jika berada diluar harus memperhatikan
faktor keamanan dari gangguan binatang seperti tikus.

E. Bahan Sarang.
Kebiasaan setiap penangkar berbeda-beda, tetapi intinya sama. Fungsi sarang adalah sebagai tempat dimana telur dierami. Yang harus kita ingat adalah bahwa telur Lovebird memerlukan tingkat kelembaban yang tinggi untuk dapat menetas (tingkat kelembaban harus diatas 60%). Selain bisa disiasati dengan membuat kolam air disekitar kandang untuk meningkatkan kelembaban, pemilihan bahan sarang yang tepat juga bisa ikut membantu meningkatkan kelembaban.
Serbuk gergaji.
Digunakan sebagai alas atau dasar kotak sarang, dengan ketebalan 1 – 2 cm. Sebuk gergaji memiliki kelebihan yaitu menjaga kestabilan suhu dalam kotak. Tidak terlalu panas di musim kemarau, dan tidak terlalu dingin di musim hujan. Menggunakan serbuk gergaji yang perlu diperhati-kan adalah kebersihannya. Tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi telur dan burung. Bersihkan dengan merendamnya dalam air, lalu dijemur sampai kering. Kemudian masukkan ke dalam kotak sarang sebagai alasnya.
Kulit jagung
Kulit jagung mudah didapatkan, karena lovebird yang diberikan makanan jagung dapat sekaligus dimanfaatkan kulitnya untuk bahan sarang. Masukkan kulit jagung ke dalam kandang. Dengan sendirinya Lovebird akan mengambil kulit jagung tersbut dan akan dibawa ke dalam kotak sarangnya. Kulit jagung mengandung air, dan dapat menjaga kelembaban selama beberapa minggu di dalam kotak. Lovebird jenis Personata dan Fischeri adalah tipe burung yang rajin membuat sarang. Amati tingkah laku pasangan lovebird anda, mereka akan sibuk membawa kulit jagung kedalam kotak sarangnya.
Daun
Jenis daun yang bisa digunakan untuk bahan sarang adalah dari tumbuhan jenis palem. Pemberiannya sama seperti pembahasan “kulit jagung”.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komen bos....

translate

followers

 

Blogger news

Blogroll

Wirausaha tanpa modal,malah dapat uang
Diberdayakan oleh Blogger.